PENGERTIAN DOMAIN DAN HOSTING BESERTA JENIS DAN CONTOHNYA

Hallo guys, pada kesempatan kali ini aku akan share materi "apa itu DOMAIN & HOSTING". Untuk kalian yang mungkin baru mendengar  / baru peirtama kali membuat sebuah website, mungkin kalian masih bingung apa itu perbedaan domain & hosting. untuk dapat mengetahui nya yuk simak artikel berikut ini.

PENGERTIAN DOMAIN 

     Domain merupakan sebuah nama unik yang diberikan oleh domain name server agar dapat dikenali sebagai nama server komputer seperti halnya pada WEB server dan Email server di internet. Dengan adanya domain, pengunjung dapat dengan mudah mengenali dan mengakses suatu website tanpa harus hafal IP addres Website tersebut.
      Diawal penggunaannya, domain hanya bisa dituliskan menggunakan abjad latin. namun kini seiiring berkembangnya zaman, domain juga bisa dituliskan menggunakan abjad asing.
nama domain haruslah membentuk sebuah kata dan di akhiri dengan ekstensi. beberapa contoh populer dari ekstensi tersebut adalah .com, .net, .org.
adapula domain yang mewakili asal negara website tsb seperti .id untuk Indonesia dan .us untuk Amerika Serikat.



JENIS DAN CONTOH DOMAIN
 
  • Free Domain

1) .blogspot.com : digunakan untuk blog yang dibangun di dalam sistem hosting milik Blogger.

2) .wordpress.com : digunakan untuk blog yang dibangun di dalam sistem hosting milik WordPress.

3) .Blogdetik.com : digunakan untuk blog yang dibangun di dalam sistem hosting milik Blogdetik.
  
  • Top Level Domain Generik 
1) .info : digunakan untuk website yang berisi informasi suatu hal.

2) .com : digunakan untuk website yang berisi hal-hal komersial atau perusahaan.

3) .edu : digunakan untuk website mengenai pendidikan.

4) .net : digunakan untuk website yang bergerak di bidang networking.

5) .biz : digunakan untuk website bisnis.

6) .org : digunakan untuk website organisasi.

  • Top Level Domain Sponsor
1) .asia : digunakan untuk domain-domain yang berlokasi di Asia.

2) .aero : digunakan untuk website perusahaan penerbangan.

3) .gov : digunakan untuk website pemerintahan.

4) .coop : digunakan untuk website perusahaan kooperasi.

5) .mil : digunakan untuk website militer.

6) .travel : digunakan untuk website biro perjalanan.


PENGERTIAN HOSTING

      Hosting merupakan tempat untuk menyimpan data digital termasuk text, gambar, atau video yang nantinya kesemua informasi tersebut akan di tampilkan dalam bentuk Website. 
       Para penyedia jasa hosting akan menyediakan server yang aktif selama 24 jam agar orang-orang dapat berkunjung ke Website setiap saat. server hosting pada umumnya harus memiliki koneksi internet dengan kecepatan tinggi karena hal ini sangat berpengaruh pada kecepatan akses website.

JENIS DAN CONTOH HOSTING

1) Free Hosting



Penggunaan Free Hosting tidak dipungut biaya sepeser pun, dan di berikan secara cuma-cuma oleh penyedia layanan hosting.
walaupun gratis, namun terdapat batasan-batasan yang membuat penggunaanya tidak seoptimal dengan yang berbayar. tujuannya adalah agar pelanggan dapat mencoba layanan tersebut terlebih dahulu sebelum membayar untuk dapat menggunakannya tanpa batasan (Free Trial).

2) Shared Hosting



Shared hosting adalah layanan berbagi. berbagi dalam artian bahwa baik Resource ataupun RAM yang ada pada server akan digunakan secara bersama-sama dengan para pengguna lain.
Layanan shared hosting banyak digunakan oleh orang-orang yang baru membangun Website atau blog pribadi dengan pengunjung yang belum cukup ramai. 

3) VPS Hosting



VPS adalah kependekan dari Virtual Private Server. pada layanan ini, anda dapat menyewa sebuah server virtual yang hanya akan digunakan oleh satu pengguna saja.
Pada layanan ini 1 server fisik terdiri dari beberapa VPS yang akan di sewakan ke orang-orang. Diperlukan pengetahuan dan kemampuan teknis yang mumpuni untuk mengelola VPS karena semua kontrol berada di tangan penggunanya.

4) Dedicated Hosting



Adalah layanan yang yang digunakan hanya untuk pengguna tunggal. karena kualitasnya yang bagus, layanan ini terbilang cukup mahal, dan menjadi idaman banyak pemilik Website.
Kelebihan yang di dapat dari layanan ini adalah : RAM lebih tinggi, CPU lebih canggih, serta harddisk dengan kapasitas lebih besar. semua kelebihan tersebut digunakan hanya untuk sendiri.
Dedicated Server umumnya di gunakan oleh website-webste besar dengan pengunjung banyak.

Ok, sekian dulu artikel tentang Domain & Hosting beserta jenis & contohnya semoga bermanfaat ya guys. sampai jumpa di artikel selanjutnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN DAN JENIS PERANGKAT LUNAK APLIKASI (Commercial, Open source, Shareware, Rentalware, Domain-publik)

Queue dan Stack