PENGERTIAN DAN KLASIFIKASI JARINGAN KOMPUTER



Gambar 1 : contoh jaringan
  • Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer (Computer network) adalah hubungan dua simpul atau lebih yang ditujukan untuk melakukan pertukaran atau untuk melakukan berbagi perangkat lunak, perangkat keras, dan bahkan berbagi kekuatan pemrosesan.

Berikut adalah manfaat penggunaan jaringan komputer :
  1. Berbagi perangkat keras
  2. Berbagi program atau data
  3. mendukung kecepatan berkomunikasi
  4. memudahkan pengaksesan informasi 
  • Klasifikasi Jaringan Komputer
 Ditinjau dari rentang geografis yang dicakup oleh suatu jaringan, jaringan bisa dibagi menjadi tiga jenis : LAN, MAN, WAN.
1. Local Area Network (LAN)
LAN adalah jaringan komputer yang mencakup area dalam satu ruang, satu gedung, atau beberapa gedung yang berdekatan. Sebagai contoh, jaringan dalam satu kampus yang terpadu.

Gambar 1.2 : Jaringan lokal atau LAN
Menurut tipenya, LAN dapat berupa client/server atau peer-to-peer.
  • Client/Server
Adalah suatu model jaringan yang memiliki client dan server. client adalah komputer yang meminta layanan, sedangkan server adalah komputer yag bertindak untuk melayani permintaan client. fungsi server sendiri sebenarnya berupa perangkat lunak yang dijalankan pada perangkat keras yang umumnya berupa komputer. beberapa contoh fungsi server yaitu file server, print server, web server dan mail server.
  • Peer-to-peer
  • peer-to-peer menyatakan model jaringan yang memberikan kedudukan yang sama terhadap semua komputer. tidak ada yang bertindak sebagai server maupun client secara eksplisit. oleh karena itu, tidak ada media penyimpanan yang bersifat global; dalam arti dipakai oleh sejumlah komputer. pada model ini lebih murah daripada client/server, tetapi hanya dapat berjalan efektif kalau komputer tidak lebih dari 25 buah.

2. Metropolitan Area Network (MAN) 
Man adalah jaringan yang mencakup area suatu kota atau dengan rentang sekitar 10-45 km. Jaringan yang menghubungkan beberapa bank yang terletak dalam satu kota atau kampus yang tersebar dalam beberapa lokasi tergolong sebagai MAN. Jaringan seperti ini umumnya menggunakan media transmisi dengan mikrogelombang atau geombang radio. Namun, ada juga yang menggunakan jalur sewa (leased line).
Gambar 1.3 Jaringan MAN dalam 1 kota
3. Wide Area Network (WAN)
WAN merupakan jaringan yang mencakup antarkota, antar provinsi, antarnegara, dan bahkan antar benua. contoh WAN adalah jatingan yang menghubugkan ATM (Anjungan tunai mandiri). Contoh lain adalah internet.
Gambar 1.4 WAN
  •  Topologi Jaringan


Topologi jaringan menyatakan susunan komputer secara fisik dalam suatu jaringan. berbagai kemungkinan topologi: bintang, cincin, bus, pohon, lengkap, dan tidak beraturan.

A. Topologi Bintang (Star)

Pada topologi ini terdapat komponen yang bertindak sebagai pusat pengontrol. semua simpul yang hendak berkomunikasi selalu melalui pusat pengontrol tersebut. dalam hal ini, pusat pengontrol berupa hub atau switch.

Kelebihan topologi bintang :

a. mudah dikelola dan dihubungkan (penyebab kegagalan mudah di ketahui).
b. Kegagalan pada sebuah komputer tidak berpengaruh terhadap kegagalan seluruh jaringan.

Kelemahan topologi bintang :

a. kegagalan pada pusat pengontrol akan menyebabkan kegagalan jaringan secara keseluruhan.
b. jika pusat pengontrol berupa hub (bukan switch), kecepatan transmissi menjadi lambat.

B. Topologi Cincin (Ring)

Topologi cincin mirp dengan topologi bus. Informasi dikirim oleh sebuah komputer akan dilewatkan kemedia transmisi, melalui satu komputer ke komputer berikutnya,
Kelemahan topologi ini terletak pada kegagalan salahsatu simpul. jika ada satu saja simpul yang mengalami kegagalan, maka semua hubungan terputus.

C. Topologi Bus

pada topologi ini semua simpul (umumnya komputer) dihubungkan melalui kabel yang disebut bus. kabel yang digunakan adalah kabel koaksial. jika seorang pemakai mengirimkan pesan ke seseorang pemakai lain maka pesan tersebut akan melalui bus. setiap komputer perlu membaca alamat dalam pesan. sekiranya alamat pada pesan cocok dengan alamat komputer pembaca, komputer tsb segera mengambil pesan tersebut.

Kelemahan topologi bus :

a. jika kabel utama putus, maka semua komputer tidak bisa saling berhubungan.
b. jika kabel utama sangat panjang dan terdapat gangguan, pencarian penyebab masalah menjadi sangat sulit.
c. jika banyak komputer yang aktif akan sering terjadi tabrakan sehingga mengakibatkan kecepatan pengiriman data menjadi pelan.

Kelebihan topologi bus :

a. instalasi mudah.
b. biaya murah.

D. Topologi Pohon

Topologi pohon sebenarnya merupakan pengembangan dari topologi bintang, dengan salah satu simpul menjadi pengontrol bagi sejumlah simpul yang berada dibawahnya. Topologi ini biasa digunakan pada LAN mengingat kemudahan untuk melakukan ekpansi dan mengurangi keruwetan kabel. dengan menggunakan sebuah hub tambahan, sejumlah komputer (atau piranti yang lain) dapat dihubungkan dengan mudah.



    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    PENGERTIAN DAN JENIS PERANGKAT LUNAK APLIKASI (Commercial, Open source, Shareware, Rentalware, Domain-publik)

    Queue dan Stack