CLOUD COMPUTING (KOMPUTASI AWAN)

PENGERTIAN CLOUD COMPUTING
Cloud computing (komputasi awan) adalah gabungan pemanfaatan teknologi computer dan pengembangan berbasis internet (awan). Disini, awan (cloud) merupakan metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering di gambarkan di diagram jaringan computer.
Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang di publikasikan IEEE Internet Computing, Cloud Computing adalah suatu paradigma dimana informasi secara permanen tersimpan di server dan internet dan tersimpan sementara di computer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, computer tablet, notebook, monitor, dll.
Komputasi awan saat ini meruakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi cloud computing ini adalah iCloud.

SEJARAH CLOUD COMPUTING
Tahun 1960
John McCarthy, pakar komputasi dan kecerdasan buatan dari MIT. “Suatu hari nanti, komputasi akan menjadi infrastruktur public seperti halnya listrik dan telepon.” Ini adalah sebuah ide yang mengawali suatu bentuk komputasi yang dikenal sebagai istilah komputasi awan (cloud computing).
Tahun 1995
Pada era ini wacana “Network computing” cukup popular. Banyak perusahaan yang menggalang system ini contohnya Sun Mycrosystem dan Novell NetWare. Disayngkan kualitas jaringan computer saat itu masih belum memadai, pengguna pun cenderung memilih PC karena cenderung lebih cepat.
Akhir Era-90
Lahir konsep ASP (Application Service Provider) yang ditandai dengan kemunculan perusahaan pusat pengolahan data. Ini merupakan sebuah  perkembangan pada kualitas jaringan computer. Akses untuk pengguna menjadi lebih cepat.
Tahun 2000
Marc Benioff, mantan wapresdir perusahaan Oracle. “SalesForce.com” ini merupakan sebuah perangkat lunak CRM dengan basis SaaS (Software as a service). Tak disangka gebrakan ini mendapat tanggakan hebat. Sebagai suksessor dari visi Lary Ellison, boss-nya. Dia memiliki sebuah misi yaitu “The End Of Software”.
2005 - Sekarang
Cloud computing sudah semakin meningkat popularitasnya, dari mulai penerapan system, penggunaan nama, dll. Amazon.com dengan EC2 (Elastic Computer Cloud); Google dengan Google App; dsb. Sekarang sudah banyak sekali contoh pemakaian system komputasi karena sudah meningkatnya kualitas jaringan computer dan beragam gadget yang ada. Contoh dari pengaplikasiannya adalah Evernote, Dropbox, Google Drive, Youtube, dll.

MANFAAT CLOUD COMPUTING
·         Skalabilitas : kita dapat menambah kapasitas penyimpanan tanpa harus membeli peralatan tambahan. Misalnya, Harddisk dll.
·         Aksesibilitas : kita dapat mengakses data kapanpun dan dimanapun asal terkoneksi dengan internet.
·         Keamanan : data kita dapat terjamin keamanannya oleh penyedia layanan cloud computing.
·         Kreasi : para user dapat melakukan/mengembangkan kreasi .
·         Kecemasan : ketika terjadi bencana alam data milik kita tersimpan aman d cloud meskipun harddisk atau gadget kita rusak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN DAN JENIS PERANGKAT LUNAK APLIKASI (Commercial, Open source, Shareware, Rentalware, Domain-publik)

Queue dan Stack