ARTIFICIAL INTELLIGENCE (KECERDASAN BUATAN)



  • ARTIFICIAL INTELLIGENCE (KECERDASAN BUATAN)


Pada dasarnya, Artificial Intelligence atau disingkat Al adalah suatu pengetahuan yang membuat komputer dapat meniru kecerdasan manusia sehingga di harapkan komputer dapat melakukan hal-hal yang apabila dikerjakan manusia memerlukan kecerdasan; misalnya melakukan penalaran untuk mencapai suatu kesimpula atau melakukan transralasi dari satu bahasa manusia ke bahasa manusia yang lain.


Berbagai definisi Al :


  1. Schallkoff (1990), Al adalah bidang studi yang berusaha menerangkan dan meniru perilaku cerdas dalam bentuk proses komputasi.
  2. Rich dan Knight (1991), Al adalah studi trntang cara membuat komputer melakukan sesuatu yang, sampai saat ini, orang dapat melakukannya lebih baik.
  3. Luger dan Stubblefield (1993), Al adalah cabang ilmu komputer yang berhubungan dengan otomasi perilaku yang cerdas.
  4.  Haag dan Keen (1996), Al adalah bidang studi yang berhubungan dengan panangkapan, pemodelan, dan penyimpanan kecerdasan manusia dalam sebuah sistem teknologi informasi sehingga sistem tersebut dapat memfasilitasi proses pengambilan keputusan yang biasanya dilakukan oleh manusia.
Tujual Artificial Intelligence (Al) menurut Winston dan Prendergast (Turban, McLean, dan Wetherbe,1999) meliputi :

  1. Membuat mesin menjadi lebih pintar
  2. Memahami kecerdasan
  3. Membuat mesin lebih berguna


  • PERBANDINGAN KECERDASAN BUATAN DAN KECERDASAN MANUSIA

Kelebihan Al dibadingkan dengan kecerdasan alami Menurut Kaplan (Turban, McLean, dan Wetherbe,1999), yaitu :

  1. Al lebih bersifat permanen sedangkan kecerdasan alami yang dipunyai seseorang tidak dapat disimpan.
  2. Al menawarkan kemudahan untuk digandakan dan disebarkan.
  3. Al dapat lebih murah daripada kecerdasan alami.
  4. Al bersifat konsisten dan alami.
  5. Al dapat di dokumentasi.
BIDANG-BIDANG APLIKASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE
 
Sejauh ini Al telah dipakai untuk berbagai hal. Antara lain :

  1. ·Membuat aplikasi komputer yang sangat mudah bagi pemakai;
  2.  Meningkatkan pemecahan masalah secara cepat dan konsisten;
  3.  Meningkatkan produktivitas dalam melaksanakan banyak tugas. Dan lain-lain.
Beberapa contoh penerapan Al :

  1. Deep Blue adalah program catur yang pada tahun 1997 dapat mengalahkan pecatur dunia Garry kasparov dengan kedudukan 3,5 – 2,5;
  2. Logic Theorist adalah program yang mampu membuktikan beberapa theorema yang terdapat di bab pertama buku Principia Matemaitica Karya Whtehead dan Russell;
  3. SYSTRAN adalah perangkat lunal yang dapat dipakai untuk melakukan penerjemahan dari dan ke bahasa-bahasa berikut: Jerman, Prancis, Italia, Jepang, Korea, Russia, Portugis, dan Spanyol.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN DAN JENIS PERANGKAT LUNAK APLIKASI (Commercial, Open source, Shareware, Rentalware, Domain-publik)

Queue dan Stack